Interaksi Sistem Pembelajaran di Kelas
Posted by LEO TEKNIK on Sabtu, 30 Maret 2013 | 0 komentar
Interaksi Sistem Pembelajaran di Kelas
Silabus dan RPP merupakan subsistem pembelajaran.
Untuk mengembangkan Silabus dan menyusun RPP, keduanya harus dipandang sebagai sistem. Oleh sebab itu perlu di ketahui apa yang disebut pendekatan sistem.
Menurut Dick Carey (2005, p.367) yang dikutip oleh Benny A. Pribadi (2009, p.27-28), pendekatan sistem adalah sebuah prosedur yang digunakan oleh perancang desain sistem pembelajaran untuk menciptakan sebuah pembelajaran secara sistemik dan sistematik.
Secara sistemik yaitu cara pandang yang menganggap sebagai satu kesatuan yang utuh dengan komponen-komponen yang berinterfungsi. Secara sistematik merujuk pada upaya melakukan tindakan tearah langkah demi langkah.
Pendekatan sistem ini dapat memberi keuntungan kepada perancang pembelajaran yaitu :
1) Perancang akan memusatkan perhatian pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Setiap langkah yang dilakukan dalam sebuah sistem akan diasahkan pada upaya untuk mencapai tujuan.
Contoh :
Jika guru sudah mengidentifikasi standar kompetensi, maka kompetensi dasar, materi, strategi, evaluasi diarahkan utnuk mencapai standar kompetensi.
2) Perancang pembelajaran akan mampu melihat keterkaitan antar sub sistem atau komponen dalam sebuah sistem, melalui mekanisme umpan balik sehingga dapat dilakukan revisi.
Terdapat beberapa model desain sistem pembelajaran, yaitu :
- Berorientasi kelas
- Berorientasi produk
- Berorientasi sistem
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP didasarkan pada model desain sistem pembelajaran berorientasi kelas. Model ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para guru dan siswa.
Asumsi model ini adalah adanya sejumlah aktivitas yang akan diselenggarakan di dalam kelas dengan waktu belajar yang telah ditetapkan sebelumnya. Guru, siswa, kurikulum dan fasilitas tertentu telah tersedia sebelumnya.
0 komentar for "Interaksi Sistem Pembelajaran di Kelas"
Leave a reply