Penilaian Hasil Belajar K-13
Posted by LEO TEKNIK on Jumat, 27 Januari 2017 | 0 komentar
Kurikulum ini dipersiapkan untuk mencetak
generasi yang siap menghadapi aneka tantangan globalisasi masa depan, yang
lebih difokuskan pada fenomena alam, sosial, seni dan budaya melalui pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik memiliki kompetensi, sikap keterampilan dan
pengetahuan yang jauh lebih baik. Pada kurikulum 2013 terdapat sedikitnya ada 5
entitas yang diharapkan mengalami perbaikan yakni, peserta didik, pendidik dan
tenaga kependidikan (guru), managemen dan satuan pendidikan, negara dan bangsa,
hingga masyarakat umum secara keseluruhan.
Dalam kurikulum 2013 ada tiga aspek
yang menjadi fokus, yakni aspek filosofis, yuridis, dan konseptual. Perubahan
yang terjadi pada lima entitas itu juga menyentuh tiga aspek penting tersebut.
Ada empat standar dalam kurikulum yang akan berubah, yakni, standar kompetensi lulusan, standar
proses, standar isi, dan standar penilaian. Kurikulum 2013 dikembangkan untuk
meningkatkan capaian pendidikan dengan 2 (dua) strategi utama yaitu peningkatan
efektifitas pembelajaran pada satuan pendidikan dan penambahan waktu
pembelajaran di sekolah. Efektifitas pembelajaran dicapai melalui 3 tahapan
yaitu efektifitas interaksi, efektifitas pemahaman, dan efektifitas penyerapan.
Penilaian
Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data
tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek
keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan pada
akhir satuan pendidikan dan ujian sekolah/madrasah. Penilaian Hasil Belajar
oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil
belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara
berkesinambungan.
Lingkup
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan,
dan aspek keterampilan, dan lingkup penilaian hasil belajar oleh Satuan
Pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Untuk penerapan
penilaian tersebut perlu disusun panduan berupa model penilaian dan hasil
belajar implementasi Kurikulum 2013 pada SMK.
0 komentar for "Penilaian Hasil Belajar K-13"
Leave a reply